Jumat, 08 Juni 2012



Seputar mengecat motor menggunakan pilox (diton)

kemarin lagi iseng2 ada body motor yang nganggur, kebetulan nih body udah retak +pecah sayap na, tp berhubung drpd d buang mendingan buat iseng2 aja. bermodal dempul dan kaleng spray (pilox merk diton) segeralah gw rapihin lagi tuh body motor karisma gw. pertama2 yg gw lakukan adalah berhubung sambungan mur antar sayap dan body leher na udah pecah/ rusak semua harus cari akal gmn cara na bisa d sambung lg.
karena gw ga punya perlengkapan membuat fiber, jadi akal punya akal akhir na gw putuskan gmn klo gw baut saja tuh body, kalaupun nanti rusak atw knp2 kan masih bisa d copot, lalu gw bor lah tuh sayap n body leher na, ternyata setelah d bor lobang na kekecilan, kalau gw besarkan lg lobang na nanti malah tambah amburadul, karena celah sambungan na cm tersedia sekitar kurang dr 1 cm aja, akhirnya ketemu ide gw pakein aja tali statis (nylon plastic), sukses d sambung lalu benerin body yg retak & pecah, sekali lg berhubung gw ga punya bahan pembuat fiber akhirnya gw pake dempul mobil aja, tetapi ternyata tuh dempul kaga nempel ke bahan body na, akhirnya ngakalin na begini, setelah kelar d dempul, masih dempul kasar (lom d ampelas) gw ambil aja lem power glue (yg tulisan cina gitu) bukan yg model stik yach, yg model botol kecil, gw lem aja antara sambunga dng dempul ternyata dempul na nempel dengan sempurna. lalu setelah selesai d dempul dan d bor, akhirnya masuk ke tahap pengecetan. sebelum body d cat, pertama2 d ampelas dulu permukaan yg tidak rata, klo ternyata dempulan masih tdk rata, kembali d dempul lg, akhirnya kelar d ampelas lalu di cuci lagi agar debu2 yg menempel tidak terkena semprot nanti.
berhubung harga pilox lumayan mahal klo beli bnyk2, disini kita harus cermat2, klo ingin hasil yg bagus memang modal lbh dr 1 kaleng (apalagi seperti gw ini yg tidak terlalu ahli ma pilox), sebelum d cat pertama2 lihat cuaca dan lingkungan sekitar dulu, jangan mengecat dlm keadaan matahari tidak panas terik (karena proses pengeringan lbh lama, dan krn kering na lama, debu2 yg berterbangan bisa hinggap k cat), lalu jng jangan lupa pakai masker, carilah tempat yg tidak bnyk orng na, misal na d atas atap (karena zat dlm pilox bisa terbang dan terhisap ke sekitar), jangan lupa pakai alas, biar ga kotor.
sebenarnya kalau mw bagus pakailah cat dasar nya dulu, tapi berhubung budget terbatas buat beli pilox, gw tiban aja d atas cat asli na. pertama2 semprotlah yg bekas dempulan dulu, biarkan kering. lalu cat kembali kalau dirasa warna na masih kurang selaras, cat lagi yg dempulan td lalu biarkan kering. harus na dng 2x pengecetan bekas dempul tadi bisa tertutup dng sempurna. kemudian dilanjutkan dengan pengecatan seluruh body, kalau bisa dalam sekali proses pengecatan ini seluruh body sudah tertutup cat, karena kalau kita tidak ahli nanti hasil bisa kasar dan bisa halus sebelah, tapi itu masih bisa d akalin.
setelah selesai d cat, kalau memang dirasa hasil na kurang halus bisa kita tutup dengan warna clear, ingat jika kita menggunakan warna DOF hasil timpaan jika d clear akan menjadi hitam glossy. atau hitam sedikit mengkilap. setelah d clear biarkan kering dan hasil cat dengan menggunakan pilox sudah selesai.
hal-hal yang perlu menjadi catatan:
  • jika kita tidak yakin nanti hasil na bagus atau tidak cobalah cat barang2 yg kecil dahulu, belajarlah bagaimana teknik menyempot supaya cat menyebar sempurna dan halus
  • selalu mengamplas (gunakan ampelas halus) terlebih dahulu sebelum d cat, lalu bersih kan hasil ampelasan td. supaya cat bisa menyatu dgn body (mksd na biar ga ngelotok)
  • lihat2 cuaca dahulu
  • apapun hasil na kalau pun tidak sebagus cat2 d luar atau pun cat airbrush jangan kecewa, berbanggalah, karena jika kita niat dan mau kreatip maka hasil na pun tidak jelek2 amat lah
berikut gw tampilkan hasil kreasi gw pada motor karisma 2003 gw.
dsc00014









CARA MENGECAT
                                                


Tidak ada komentar:

Posting Komentar